Macro Kombinasi Objek Maksimal terhadap Kertas di CorelDraw

Berapakah jumlah susunan maksimal jika anda ingin mencetak ukuran foto 4x6 atau 2x3 di kertas A4?
Setelah kemarin memberikan macro Tilling untuk menduplikasi objek berdasarkan ukuran kertas, kali ini saya bagikan macro CorelDraw untuk Menentukan Kombinasi maksimal tata letak objek terhadap kertas / lembar kerja. Sebelum ke macro alangkah baiknya membahas sedikit konsep susunan dalam menyusun objek yang biasanya digunakan untuk menentukan jumlah kombinasi.

Contoh perhitungan manual :

  • Ukuran Kertas A4 : 210 mm x 297 mm
  • Ukuran Foto yang diinginkan : 40 mm x 60 mm
  • Hitungan 1 : (Lebar Kertas / Lebar Foto) x (Tinggi Kertas / Tinggi Foto) = (210/40) x (297/60) pembulatan = 5 x 4  = 20 pcs
  • Hitungan 2 : (Lebar Kertas / Tinggi Foto) x (Tinggi Kertas / Lebar Foto) = (210/60) x (297/40) pembulatan = 3 x 7 = 21 pcs,
Dan yang paling besar biasanya yang dipakai yaitu 21 Pcs, Tapi gimana kalau masih ada hasil lain yang lebih maksimal? Simak screenshot macro berikut :

Kombinasi Maksimal Ukuran foto 4 x 6 di Kertas A4

Gambar di atas adalah contoh kombinasi maksimal ukuran foto 4 x 6 di kertas A4. Dan berikut screenshot lainnya:

Hasil Kombinasi Maksimal pada Kertas dengan macro GRAFISin

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu:
Seleksi objek yang hendak diduplikasi atau dibuat kombinasi kemudian jalankan macronya. dan pilih posisi yang diinginkan, yaitu opsi normal, putar 90 derajat atau opsi maksimal.
Link downloadnya ada di bawah ini dan baru saya share versi CorelDraw X7 dan versi lainnya segera menyusul. atau anda bisa request di kotak komentar di bawah.

Macro Kombinasi Maksimal pada Objek - CorelDraw X7

Cara instalasinya bisa dibaca pada artikel Instalasi GMS Macro CorelDraw 11 sampai X7

Note: Bagi yang kebingungan saat download yaitu klik tombol SKIP ADS di pojok kanan atas kemudian akan dialihkan kehalaman download.
Password: http://www.grafisin.com

Posting Komentar

5 Komentar