Mewarnai Objek Gambar Fill dan Outline pada CorelDraw

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai cara membuat garis bahwa setiap objek pada corelDraw mempunyai properti tersendiri, baik itu warna, garis pinggir, model dll. Nah kali ini  membahas mengenai merubah properti warna objek pada corelDraw.

Tentu masih ingatkan tutorial membuat kotak, segitiga dan lainnya di corelDraw jika tidak silahkan klik linknya. Kemudian buatlah objek gambar yang anda inginkan dan dari gambar yang anda buat terdapat dua properti utama yaitu fill dan outline:

Fill dan Outline

Fill dan outline secara otomatis akan ada pada saat objek dibuat baik garis maupun objek lain dan pada garis outline itu adalah garis itu sendiri. Fill adalah isi dari objek sedangkan outline adalah garis luar/pinggir pada objek tersebut. untuk melihat perbedaannya silahkan lihat gambar di bawah.
Mewarnai Fill dan Outline

Mewarnai Objek/Gambar Fill dan Outline

Untuk mewarnai gambar di CorelDraw sangat mudah, caranya pilih objek yang akan diwarnai kemudian pilih warna yang anda inginkan di color toolbar atau sebaliknya:

Cara 1 : Klik pada Objek yang hendak diwarnai kemudian Klik Kiri Pada Warna untuk Mewarnai Fill / Isi dan Klik Kanan pada warna untuk untuk mewarnai outline.
Cara 2 : Pilih warna di color toolbar kemudian drag (tahan) & drop (lepas) pada obek yang ingin diwarnai bagian fill atau outline
Cara 3 : Melalui information bar di bagian bawah kanan tutorialnya bisa anda kunjungai Efek Warna pada Fill Objek di CorelDraw dan  Mengatur Warna dan Outline Propertis Lainnya di CorelDraw

Mewarnai Fill dan Outline
Mewarnai Objek pada CorelDraw
Demikian tutorial dasar mewarnai objek fill dan outline pada corelDraw. Selamat Berkreasi dan silahkan mampir di  tutorial lainnya.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. bagaimana cara untuk memudarkan warna sebuah objek ?

    BalasHapus
  2. Kenapa pas pemberian warna, warnanya kadang keluar dari outlinenya sendiri. Sehingga yang bagian luar. Dari outline ikut berwarna.? Sdh di cari mana outline yang tidak nyambung tapi ngak ada. Out line nya nyambung semua kok.?
    Sarannya dong kk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada garis yg terbuka sehingga warna keluar. baiknya jiga ada garis yg tidak nyambung, memakai selection garis putus2 baru di kasih warna

      Hapus
  3. Kenapa kok kalau di beri warna kadang warnanya keluar dari kotak?. Sdh di cari garis yang terpisah tapi ngk ada akibatnya gambar yang diluar outline warnanya sama dengan yang di dalam kotak.

    BalasHapus