AD (728x60)

shorten links and earn money

Contact Me

My Services

Kamis, 04 September 2014

CorelDraw X7 Dasar - Membuat Objek Garis

Share & Comment
Lanjutan tutorial sebelumnya mengenai tutorial dasar membuat dokumen baru dengan corel draw kali ini membahas mengenai Membuat Objek Desain Grasfis dan Propertinya mulai dari membuat garis, membuat kotak / persegi panjang, membuat lingkaran / elips, segi tiga, segi banyak dan lainnya. Sebelumnya silakan buka aplikasi corel draw anda dan buat lembar kerja baru kemudian ikuti tutorial di bawah ini:


1. Membuat Garis Lurus atau Lengkung

Untuk membuat garis baik lurus maupun lengkung bisa menggunakan icon Freehand Tools di Toolbar sebelah kiri ( lihat gambar 1)
Freehand tool, bezier, pen
Gambar 1: Freehand Tools
Ada 8 pilihan tools yaitu :
- Freehand untuk membuat objek garis sembarang mengikuti arah kursor. 
- 2-Point Line untuk membuat objek garis lurus baik vertikal, horizontal maupun diagonal dengan menantukan titik awal dan titik akhir.
- Bezier untuk membuat garis lurus saling sambung menyambung misalnya seperti mata gergaji yang naik turun
- Pen untuk membuat garus lurus dan atau lengkung yang saling sambung menyambung seperti mengunakan pen
- B-Splin untuk membuat garis lengkung/curva dengan bantuan titik control/kendali
- Polyline untuk membuat garis lurus atau curve yang saling menyambung seperti menggerakan sebuah kuas.
- 3-Point Curve untuk membuat curva dengan bantuan 3 titik.
- Smart Drawing untuk membuat garis/objek dengan cara menganalisa garis yang dibuat kemudian dibaca CorelDraw dan dijadikannya bentuk yang relevan ketika menggambarnya seperti menggunakan tools Freehand tetapi hasil akhirnya membentuk garis lurus tanpa curva.

Untuk membuat garis lurus horizontal, vertikal dan atau dengan sudut istimewa gunakan kombinasi tombol Ctrl di keyboard. Langkahnya klik tools di atas Freehand, 2 Point line, Bezier atau pen kemudian Klik dan Tahan pada lembar kerja (titik awal) sambil menekan tombol Ctrl di keyboard kemudian arahkan dan klik di titik akhir. (lihat gambar 2)
Membuat Garis Lurus
Gambar 2: Proses membuat garis lurus
Saat anda membuat garis corel draw memberikan informasi di bagian bawah berupa posisi dan kemiringan sudut terhadap garis horizontal. dari gambar tersebut kemiringan garis sebesar 15 derajat. Dan Corel Draw membuat sudut istimewanya dengan kelipatan tersebut yaitu, 0, 15, 30, 60, 90, 120, dan seterusnya. Jadi saat anda membuat objek garis lurus dengan kemiringan tersebut bisa mengarahkannya dan melihat ke arah Angle di bawah.

Untuk membuat curva langkahnya anda pilih tools 3-Point Curve kemudian Klik dan Tahan di lembar kerja bersamaan dengan menekan tombol Ctrl di keyboard dan arahkan ke titik awal kemudian pindahkan ke titik akhir dan Klik selanjutnya geser ke arah titik tambahan sampai membentuk kurva yang diinginkan. (Lihat gambar 3)
Membuat Curva, Kurva, Curve
Gambar 3: Membuat kurva di CorelDraw
 Selanjutnya selaman mencoba tools lainnya dan berikut ini contoh ke 8 tools untuk membuat objek garis di corel draw :
Contoh Tipe Garis pada CorelDraw
Gambar 4: Contoh Objek Garis di CorelDraw X7
Perlu diperhatikan bahwa setiap objek baik garis maupun objek lainnya di corelDraw memiliki properti tersendiri. Properti sederhananya adalah pelengkap tampilan suatu objek seperti ketebalan, warna, model dan lainnya.
Demikian tutorial dasar membuat garis pada CorelDraw dan bila ada hal yang kurang jelas silahkan berikan komentar anda di blog ini. Berikut ini kreasi menggunakan garis pada corelDraw:

LineArt GRAFISin


Untuk membuat kreasi di atas saya rekomendasi tutorial berikut ini :
  1. Membuat Objek Persegi, Lingkaran, Segi Banyak dll
  2. Mewarnai Objek Fill dan Outline
  3. Modifikasi Objek dengan Transformasi
  4. Mengatur Ketebalan dan Properti lainnya pada Garis ( Untuk Membuat Garis Putus Putus, Titik-Titik, Strip dan lainnya)
#HappyDesigning #KeepCreative
Tags: , , , ,

Written by

Programmer yang suka ngulik coding, dan tertarik juga dengan hal-hal kratifitas, desain grafis. Semoga Blog Ini bermanfaat untuk Anda!, Terima Kasih.

2 komentar:

 

Popular Posts

Recent Post

Follow by Email

Kenapa Pilih Macro?

Copyright © GRAFISin | Tutorial Desain Grafis dan Download Gratisan | Designed by Templateism.com