Mengenal dan Mengatur Koordinat di CorelDraw X7

Koordinat mempunyai fungsi untuk menentukan suatu posisi objek, dalam lingkungan 2 dimensi koordinat biasanya didentifikasi dengan 2 sumbu x untuk horizontal dan y untuk vertikal sedangkan untuk sumbu 3 dimensi x horizontal y vertikal dan z diagonal. Dan di CorelDraw fungsi koordinatnya termasuk yang dua sumbu x dan y karena fungsinya sebagai desain 2D. Berikut ini posisi sumbu koordinat pada CorelDraw

Koordinat Sumbu X dan Y Pada CorelDraw

Titik 0,0 Koordinat di CorelDraw berada di sudut kiri bawah lembar kerja CorelDraw And. Pada gambar lingakran referensi pointnya adalah pusat objek (tengah) sedangkan pada kotak reperensi pointnya pojok kanan bawah objek.
Posisi koordint bagi desainer bisa di bilang gak terlalu penting toh Anda desain bebas di mana saja, tapi SANGAT PENTING ketika anda melakukan PROGRAMING MACRO VBA di CorelDraw dimana posisi objek yang anda buat ditentukan di dalamnya. Kalau tidak hasilnya pasti berantakan.
Cara  merubah posisi 0,0 koordinatnya dengan melakukan Drag & Drop pada pojok kiri atas bagian Ruler /Penggaris kemudian pindahkan ke posisi yang diinginkan.
Memindahkan Posisi Koordinat di CorelDraw X7

Apabila Rulersnya tidak ada anda bisa menampilkannya terlebih dahulu di bagian menu View - Rulers sampai tercentang.

Demikian tutorialnya semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Posting Komentar

1 Komentar