Extrude Tool untuk Efek 3 Dimensi di CorelDraw X7

Fungsi extrude biasanya ada pada aplikasi desain 3 dimensi / (3D) Modeling untuk membuat objek 3D pada objek 2 Dimensi (2D). Dan pada CorelDraw juga terdapat fungsi extrude yang fungsinya untuk memberi efek 3D pada objek 2 dimensi dan hanya saja meskipun terlihat 3D objek tersebut sebenarnya masih berupa 2D karena objek tersebut tidak bisa dilihat dari segala sisi seperti aplikasi 3D modeling. Berikut tutorial dasarnya:

  1. Buatlah beberapa objek gambar dan tulisan di CorelDraw
  2. Klik pada Tombol Extrude di Toolbox kemudian

    Efek 3 Dimensi dengan Extrude pada CorelDraw X7

  3. Klik pada Objek yang anda buat lalu drag & drop ke arah efek yang anda inginkan,Langkah Membuat Efek 3D pada CorelDraw dengan Extrude
  4. Atur pada property bar untuk mempercantiknya.Propertybar pada Objek Extrude 3D di CorelDraw X7

Keterangan Gambar Propertybar:

  1. Presets.... untuk memilih model efek 3 dimensi yang disediakan oleh corelDraw
  2. Extrude Type untuk mengatur tipe extrude
  3. Depth dan Extrude Rotation untuk mengatur panjang/tinggi/lebar dari objek 3 dimensinya terhadap objek aslinya extrude rotation untuk memutar objek 3d terhadap sumbu x, y dan z atau sesuai dengan proses drag yang anda lakukan.
  4. Extrusion Color untuk memilih model warna 3Dnya berupa warna solid sesuai objek asilinya, warna lain dan 2 warna variasi.
  5. Extrusion Bevels untuk memberikan ketebalan pada objek aslinya
  6. Extrusion Lighting untuk memberikan efek pencahayaan pada objek 3D, di sini ada 3 pilihan lampu yang bisa anda gunakan bersamaaan atau sebagian, kemudain atur dengan mendrag nomor di sampingnya ke posisi yang diinginkan.
Berikut contoh penggunaan Extrusion Color, Bevels dan Lighting dan Rotate


Hasil Efek Extrude 3 Dimensi pada CorelDraw

Posting Komentar

3 Komentar