Tutorial CorelDraw X7 Dasar Transformasi Objek

Tutorial CorelDraw Dasar kali ini membahas cara mentransformasi objek, memutar, memiringkan, memperbesar, merubah posisi, menduplikat dan lainnya. Objek-objek desain di CorelDraw terkadang ditransformasi ke bentuk lain dan disesuaikan dengan kebutuhan. Tutorial ini lanjutan  Modifikasi gambar melalui property bar.

Dalam tutorial ini disediakan dua versi yaitu melalui menu/docker transformation atau melalui mouse dimana keduanya disesuaikan dengan kebutuhan yaitu melalui menu/docker terdapat pilihan property lain dibanding melalui mouse, tetapi melalui mouse bekerja lebih praktis. Berikut ini tutorial transformasi objek pada CorelDraw.

Buat lah objek kotak, lingkaran atau polygon seperti pada tutorial sebelumnya, dan berikut langkah mentransformasi objek:

Mengaktifkan Docker Transformations


  1. Aktifkat dulu Docker Transformation dengan langkah klik menu Object -> Transformations -> Position ( pilih salah satu, bisa rotation dll) atau melalui klik menu Windows -> Dockers -> Transformations-> Position. Jika berhasil maka akan ada docker transformation di sebelah kanan di samping color bar biasanya.
    Mengaktifkan Toolbar Docker Transformation CorelDraw X7
  2. Untuk membuat transformasi pada obejek silahkan klik pada objek tersebut sampai ada tanda kotak-kotak hitam kecil disampingnya kemudian ikuti langkah berikut:

Menggeser Posisi Objek dan Menduplikasinya

  1. Klik pada objek kemudian pilih icon position pada docker transformation.
  2. Atur posisi koordinat perpindahan (x atau y) atau menggunakan posisi relative (di gambar keterangan nomor 3) dengan klik pada icon kotak kecil atas, bawah, kiri, kanan, pojok kiri kanan, atas bawah.
  3. Masukan jumlah copies jika ingin menggerser objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin menggerser objek. 
  4. Klik Apply  (lihat gambar).
Menggerer Memindahkan dan Menduplikasi Objek di CorelDraw X7
Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 1 x ) pada objek yang akan di pindahkan (jangan dilepas) kemudian tekan tombol Ctrl di keyboard agar posisi perpindahannya sejajar baik atas bawah maupun kiri kanan, geser objek ke posisi yang diinginkan kemudian klik kanan dan lepas bersamaan tombol Ctrl, tombol mouse kiri dan kanan.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan menduplikasi objek sebanyak 1x dan menggersenya  ke posisi yang anda arahkan. Jika tidak ingin menduplikasinya jangan gunakan klik kanan.

Memutar Objek dan Menduplikasinya

  1. Klik pada objek kemudian pilih icon Rotate pada docker transformation.
  2. Atur sudut perputaran dalam derajat gunakan tanda minus (-) untuk memutar searah jarum jam
  3. Atur posisi poros (center / pusat rotasinya) melalui koordinat x atau y atau posisi relatifnya (lihat keterangan gambar pada nomor 3 & 4)
  4. Masukan jumlah copies jika ingin memutar objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin memutar objek
  5. Klik Apply  (lihat gambar).
Merotasi Memutar dan Menduplikat Objek di CorelDraw X7
Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 2 x) pada objek yang akan di putar sampai terdapat tanda rotasi di setiap pojoknya ( garis panah melengkung ) kemudian geser pusat rotasi ke posisi yang diinginkan klik kiri (jangan dilepas) pada bagian garis putar di salah satu pojok, kemudian putar sampai posisi yang diinginkan dan klik kanan dan lepas bersamaan jari di mouse anda.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan menduplikasi objek sebanyak 1x dan memutarnya  ke posisi yang anda arahkan. Jika tidak ingin menduplikasinya jangan gunakan klik kanan.

Mirror dan Menduplikasinya

  1. Klik pada objek kemudian pilih icon Scale and Mirror pada docker transformation.
  2. Atur presntase skala untuk objek yang akan dihasilkan dari proses mirror, pilih mirror horizontal/vertikal di sampingnya atur posisi relatif cermin jika diperlukan
  3. Masukan jumlah copies jika ingin mencerminkan objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin mencerminkan objek
  4. Klik Apply  (lihat gambar).
Mencerminkan dan Menduplikat Objek di CorelDraw X7

Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 1 x ) pada objek yang akan dimirrorkan kemudian klik dan tahan (jangan dilepas) pada kotak kecil warna hitam bagian atas tengah, bawah tengah, kiri tengah, kanan tengah. (jika ingin dimirror ke bawah maka yang di klik kotak hitam bagian atas dan sebaliknya) dan tekan Ctrl di keyboard kemudian arahkan ke sesuai arah mirror kemudian klik kanan dan lepas bersamaan tombol Ctrl, tombol mouse kiri dan kanan.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan memirrorkan dan menduplikasi objek sebanyak 1x. Jika tidak ingin menduplikasinya jangan gunakan klik kanan.

Size (Ukuran) dan Menduplikasinya

Untuk transformasi ukuran langkahnya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas yaitu:
  1. Klik pada objek kemudian pilih icon Size pada docker transformation.
  2. Atur ukuran pada x untuk horizontal dan y untuk vertikal dan atur posisi perpindahan atau pilih proporsional
  3. Masukan jumlah copies jika ingin merubah ukuran objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin memutar objek
  4. Klik Apply  (lihat gambar).
Memperbesar dan Menduplikat Objek di CorelDraw X7

Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 1 x ) pada objek yang akan dirubah ukurannya (lihat gambar pesegi panjang ada kotak2 hitam di pinggirnya ) klik pada kotak-kotak tersebut dan geser untuk memperbesar maupun memperkecilnya kemudian  klik kanan dan lepas bersamaan tombol Ctrl, tombol mouse kiri dan kanan.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan memperbesar/memperkecil ukuran  dan menduplikasi objek sebanyak 1x. Jika tidak ingin menduplikasinya jangan gunakan klik kanan.

Skew (Memiringkan) Objek dan Menduplikasinya

Skew adalah fasilitas untuk memiringkan objek baik horizontal maupun vertikal, berikut ini langkahnya:
  1. Klik pada objek kemudian pilih icon Skew pada docker transformation.
  2. Atur derajat kemiringan posisi x (horizontal) maupun y (vertikal) atau gunakan anchor point untuk relatif
  3. Masukan jumlah copies jika ingin memiringkan sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin memutar objek
  4. Klik Apply  (lihat gambar).
Memiringkan Objek di CorelDraw X7
Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 2 x) pada objek yang akan di dimiringkan sampai terdapat tanda panah pada bagian tengah (lihat objek yang dilingkari) kemudin klik kiri lagi pada objek tersebut (tahan) kemudian geser untuk memiringkannya padukan denngan klik kanan dan lepas bersamaan jari di mouse anda.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan memiringkan objek  dan menduplikasi objek sebanyak 1x. Jika tidak ingin menduplikasinya jangan gunakan klik kanan cukup klik kiri aja.

Demikian tutorial dasar mentransformasi objek pada CorelDraw. Jika ada hal-hal yang kurang jelas silahkan berikan komentar anda di blog ini.
Semoga bermanfaat. #KeepCreative #GRAFISin

Posting Komentar

4 Komentar