Eksport File ke Image (JPG GIF PNG Bitmap) pada CorelDraw

Terkadang kita membuthkan file image dari hasil desain untuk proses publikasi di komputer maupun di internet untuk diperlihatkan kepada customer atau dibagikan di sosial media seperti facebook, twitter dll. Selain itu dalam proses pembuatan website misalnya file image lah yang nantinya digunakan. Berikut ini tutorial CorelDraw Dasar Export file ke Image:


  1. Buatlah dokumen baru dan sebuah objek desain di dalamnya.
  2. Seleksi semua atau sebagian objek gambar yang akan di export
  3. Klik menu File kemudian pilih Export.

    Menu Export pada CorelDraw X7

  4. Atur nama file pada jendela export kemudian pilih tipe image (JPG, PNG, GIF, Bitmap) yang diinginkan pada bagian Save As Type  kemudian centang Selected only untuk hanya mengexport objek yang diseleksi. 
  5. Kemudian Klik tombol Export
    Jendela Export Image | Tutorial Desain Grafis
  6. Setelah itu akan muncul Export to Image (PNG, JPG, GIF, Bitmap dll). Setiap jendelanya memiliki beberapa perbedaan pengaturan tergantung jenis image yang dipilih.
    Pengaturan Export to Image pada CorelDraw X7
  7. Pada jendela atas bagian kiri merupakan contoh hasil gambar yang akan diexport dan lakukanlah pengaturan pada bagian kanan, biasanya komponen yang diatur adalah Color Mode untuk mengatur mode warna dari Black and White, Grasyscale, Palleted, RGB Color, CMYK Color dll. Kemudian pada bagian Transformation pilih unit, biasanya menggunakan pixel dan atur ukuran lebar pada width dan tinggi pada height. Resolution untuk mengatur resolusi pada gambar dan centang Maintain aspect ratio untuk membentuk ukutan yang proposional yaitu ketika dirubah ukuran lebarnya maka tingginya otomatis menyesuaikan dan sebaliknya. Berikut ini perbedaan jendela pada Format PNG, JPEG, GIF dan Bitmap
    Perbedaan Jendela Export PNG JPEG GIF dan Bitmap
  8. Setelah di atur klik tombol OK dan file CorelDraw anda berhasil di export ke Image yang anda inginkan.
Setiap image (extention gambar) mempunyai format tersendiri, misalnya .png & gif yang bisa gambar transparan dan ukurannya ringan sedangkan jpg dan bitmap tidak bisa transparant.
Tips Trik Keyboard : Klik pada objek yang hendak di export kemudian tekan tombol Ctrl + E pada keyboard untuk menampikan jendela export.
Demikianlah tutorial export File ke Image pada CorelDraw. Tutorial ini tidak mengikat hanya pada image saja ada banyak pilihan export file pada bagian save as dan silahkan pelajari lebih lanjut. #KeepCreative #GRAFISin 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Color mode saya untuk save ke mode CMYK tidak muncul, bagaimana caramya untuk memunculkannya kembali? Terima kasih

    BalasHapus