Efek Transparansi Grid pada Foto di CorelDraw


Tutorial Efek Transparansi grid pada Foto di CorelDrawTutorial Kali ini akan membahas mengenai pembuatan efek transparan grid box pada foto di CorelDraw agar tampilan foto Anda lebih menarik dan kreatif, tools yang digunakan yaitu Graph Paper Tools, SmartFill, dan kolaborasi dengan Free Macro kreasi GRAFISin yaitu "RandomColor" (Optional : tanpa ini pun Anda bisa berkreasi, macro ini hanya untuk mempercepat proses saja). Simak Tutorialnya :
  1. Buat Lembar Kerja Baru Lalu "Import gambar / foto" favorit Anda, kemudian Tekan P agar objek foto berada di tengah Halaman.
  2. Klik "Graph Paper tool" pada Toolbox dan Atur terlebih dahulu jumlah ke kanan dan bawahnya, pada tutorial ini ke kanan 6 dan bawah 12.Import Image dan Buat Graph Paper Efek Transparansi grid CorelDraw
  3. Posisikan Kursor pada Salah satu Sudut Foto lalu Tarik dan Tahan Graph paper dari sudut tersebut menyilang ke sudut lawan arahnya / atau \ Ungroup Object Graph Paper atau Grid Membuat Efek Transparansi di CorelDraw pada Foto
  4. Selanjutnya setelah Objek Graph paper dibuat Klik Kanan Lalu Ungroup Object atau Ungroup All Objects agar object grid tersebut menjadi objek terpisah yang nantinya digunakan dalam proses pewarnaan.
  5. Selanjutnya di sini saya menggunakan Macro Random Color untuk mewarnai Objek grid tersebut, pastikan objek grid semuanya masih terseleksi. Jalankan RandomColor, Pilih Active Selection, Pilih Mode RGB, Lalu Generate Random Colors. Anda bisa mendownloadnya gratis di sini Free Macro Collection 2018 for CorelDraw X4 up to CD2018, jika tanpa macro Anda bisa memberikan warna manual, caranya pilih boxnya satu-persatu lalu warnain fillnya dengan cara klik warna pada colorbar.
  6. Berikan Efek transparansi, Pastikan semua objek grid masih terseleksi lalu Klik Transparancy Tool lalu atur nilai transparansinya, pada tutor ini saya isi dengan 43%
  7. Jika Object grid sudah transparan selanjutnya percantik Outlinenya dengan warna putih, Double Klik pada bar bagian outline sehingga tampil dialog, lalu atur warna putih dan widthnya 1,5 atau 2 points sesuai selera.
  8. Terakhir tinggal percantik fokus foto/gambar, caranya adalah menghapus beberapa persegi/grid pada area foto yang ingin diberikan fokus.
  9. Selesai, :) Mudah dan praktis bukan.

Video Tutorial Efek Transparansi Grid pada Foto di CorelDraw 


    Posting Komentar

    0 Komentar