Tutorial Membuat Papan Catur di CorelDraw

Catur merupakan permainan yang memainkannya diperlukan fokus, dan ketelitian serta dapat mengasah otak, karena setiap langkahnya memiliki masksud tertentu sehingga anda harus bisa membaca arah gerakan lawan. Di sini saya tidak akan membahas permainannya, melainkan tutorial cara cepat membuat papan catur di CorelDraw.

Berikut keterangan singkat mengenai papan catur.


  • Seluruh kotak papan catur terdiri dari 64 petak ( 8 x 8 petak )
  • Koordinat di mulai dari pojok kiri bawah. Vertikal dari bawah ke atas ditandai nomor 1 s/d 8 sedangkan Horizontal dari kiri ke kanan di tandai huruf A s/d H
  • Kotak diberi warna selang seling gelap(biasanya hitam) dan terang (biasanya putih), dimulai dari warna gelap pada pojok kiri bawah 
Berikut ini tutorial Cepat membuat papan Catur di CorelDraw:

  1. Buatlah objek dengan graph paper kemudian atur ke kanannya 2, dan ke bawahnya 2
  2. Kemudian tekan Ctrl+Klik pada kotak pojok kanan atas kemudian tekan Ctrl+Shift+klik pada kotak pojok kiri bawah kemudian warnai dengan warna hitam, dan diagonal lainnya dengan warna putih.
  3. Langkah 2 di atas bisa juga dengan melakukan Ungroup terlebih dahulu objek graph paper tersebut menjadi 4 kotak, kemudian berikan warna, atau background yang anda inginkan.
  4. Seleksi ke empat kotak tersebut kemudian duplikat dengan menu Transformation (Object- Transformation-Position) atau Alt+F7 kemudian duplikat objek tersebut.
  5. Duplikan 4 kotak tersebut ke kanan sebanyak 3 copy kemudian seleksi kembali semua objek  beserta hasil duplikatnya.
  6. Duplikat kembali objek tersebut ke bawah sebanyak 3 copy sehingga kotak papan catur berhasil anda buat dan selanjutnya anda bisa menambahkan komponen lainnya. 
  7. Tambahkan Text ABCDEFGH dan posisikan huruf A berada di tengah kotak hitam pojok kiri bawah kemudian renggangkan text dengan Shape Tool dengan menggeser tanda arah kanan kiri ke arah kanan.
  8. Tambahkan nomor 1 s/d 8 ke bawah dan atur kerenggangannya seperti gambar berikut
  9. Atur dan tambahkan komponen lainnya seperti pion dan bidak lainnya.



Posting Komentar

2 Komentar