AD (728x60)

shorten links and earn money

Contact Me

My Services

Kamis, 02 Oktober 2014

PowerClip : Memasukan Gambar atau Objek ke Objek Lain

Share & Comment
Tutorial dasar kali ini adalah memasukan objek baik gambar bitmap maupun vektor ke dalam objek lain dalam hal ini vektor. Di CorelDraw anda bisa menggunakan fitur PowerClip dimana anda bisa memasukan objek apa saja kedalam objek vektor. Berikut ini tutorialnya:

Membuat PowerClip

  1. Buatlah 2 buah objek kotak dan objek lainnya yang akan dimasukan ke dalam kotak.
  2. Warnai objek tersebut dan kemudian 
  3. Seleksi/blok objek yang akan dimasukan ke dalam objek lain dengan powerClip
  4. Klik Menu Object-PowerClip-PlaceInside Frame... atau Klik Kanan pada objek yang akan dimasukan kemudian klik PowerClip Inside (sampai kursor berubah menjadi tanda panah besar)
    Menu PowerClip pada CorelDraw

  5. Klik pada objek yang dituju.
    Langkah Membuat PowerClip pada CorelDraw
PowerClip dalam dunia nyata ibaratnya anda memasukan CD ke dalam kertas CD yang berlubang ditengah jadi yang terlihat hanya sebagian CD saja.

Mengatur dan Menghilangkan PowerClip

Setelah anda membuat powerClip anda bisa mengaturnya melalui langkah berikut:

  1. Klik Objek yang sudah menjadi PowerClip
  2. Klik Menu Object-PowerClip kemudian pilih pengaturan yang diinginkan atau Klik Kanan kemudian atur pada bagian powerClip di atas,
    Modifikasi PowerClip pada CorelDraw X7
Keterangan gambar:
  1. Frame Type : terdapat pilihan Create Empty PowerClip Frame untuk membuat powerclip kosong ini pada saat pertama kali hendak membuat. Create Empty Text Frame untuk membuat tempat text atau tulisan di dalamnya dan None untuk menghapus powerClip.
  2. Extract Contents : untuk mengeluarkan objek yang ada di dalam power clip
  3. Edit PowerClip... : untuk mengedit/memodifikasi objek didalamnya, bisa digeser atau dirubah objek didalamnya.
  4. Fit Contents : untuk me-ngepas-kan objek didalam powerclip terhadap objek powerclipnya dan ada beberapa pilihan Center Contents untuk memposisikan objek di dalam ke tengah objek PowerClip, Fit Contens proportionally untuk menyesuaikan ukuran lebar/tinggi objek di dalam sesuai dengan objek powerClip secara proposrional berdasarkan objek di dalam. Fill Frame Proportionally untuk mengisi frame secara penuh. Stretch Contens to Fill Frame untuk mengubah objek di dalam dengan tinggi dan lebar sama percis objek powerClip/Frame.
  5. Lock Contents to PowerClip : untuk mengunci objek didalam dengan powerClip jadi pada saat objek PowerClip dirubah content ikut berubah.
Demikianlah tutorial membuat powerClip pada objek, anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk memasukan gambar ke dalam teks atau tulisan seperti berikut ini:
Contoh PowerClip pada Tulisan di CorelDraw
Selamat Mencoba dan Semoga berhasil! #GRAFISin
Tags: , , , ,

Written by

Programmer yang suka ngulik coding, dan tertarik juga dengan hal-hal kratifitas, desain grafis. Semoga Blog Ini bermanfaat untuk Anda!, Terima Kasih.

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung!
Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini :)

*Untuk Artikel yang lebih dari 20 hari, komentar akan masuk inbox kami dan akan segera di terbitkan dalam tempo maksimal 3-5 hari.

 

Popular Posts

Recent Post

Follow by Email

Kenapa Pilih Macro?

Copyright © GRAFISin | Tutorial Desain Grafis dan Download Gratisan | Designed by Templateism.com