AD (728x60)

shorten links and earn money

Contact Me

My Services

Sabtu, 04 Oktober 2014

Tutorial Dasar Cut Copy Paste Duplicate dan Clone di CorelDraw

Share & Comment
Pengguna komputer sudah pasti mengenal fasilitas 2CP alias Cut, Copy dan Paste. Fasilitas tersebut untuk menghapus dan memperbanyak objek. Dan di CorelDraw fasilitas tersebut juga tersedia, tapi ada beberapa fasilitas lain yang lebih canggih untuk mempercepat anda mendesain pada CorelDraw yaitu Duplicate, Clone, Copy Properties Form... dan Step & Repeat apa saja perbedaannya?

  1. Cut (Ctrl+X) : untuk menghapus objek yang dipilih tetapi menyimpannya ke dalam clipboard windows dan sewaktu-bisa anda panggil objek tersebut dengan fasilitas paste. 
  2. Copy (Ctrl+C) : untuk memperbanyak objek yang terpilih, jika cut objeknya dihapus kalau copy objeknya tetap ada tetapi sekaligus menyimpan ke dalam clipboard windows dan sewaktu-bisa anda panggil objek tersebut dengan fasilitas paste. 
  3. Paste (Ctrl+V) : untuk menampikan objek yang terbaru dari clipboard windows posisi objek akan tetap sesesuai objek awalnya.
  4. Paste Special : untuk menampilkan objek dari clipboard windows kedalam bentuk lain, biasanya fasilitas ini digunakan ketika aplikasi yang anda gunakan tidak mendukung objek yang ada pada clipboard.
Keempat fasilitas di atas bersifat GLOBAL artinya objek yang anda cut, copy dan paste tersebut bisa ditampilkan di aplikasi lain yang mensuportnya. Semua objek bisa anda cut dan copy tapi tidak semua aplikasi mensuport objek yang anda cut/copy. Contoh sederhananya anda copy tulisan/text maka hampir semua aplikasi support text jadi bisa anda paste di aplikasi CorelDraw, word, notepad, excel dan aplikasi lain. Berbeda ketika anda copy objek gambar maka ketika anda paste di notepad pasti tidak tampil.

Clipboard adalah fasilitas Microsoft Windows untuk menyimpan data RAW format dari suatu objek yang di Cut/Copy dan sifatnya sementara.

Berikut ini beberapa fasilitas sejenis yang hanya bisa digunakan pada CorelDraw:
  1. Duplicate (Ctrl+D) : untuk menduplikasi objek yang terseleksi secara langsung dan menggeser objek duplikasinya secara otomatis (fasilitas ini seperti ada melakukan copy kemudian paste) dan objek hasil duplikasinya bisa menduplikasi lagi.
  2. Clone : untuk cloning/menduplikasi objek yang berasal dari objek terseleksi menjadi 2 objek. Perbedaannya dengan fasilitas duplicate adalah hanya objek pertama yang bisa anda cloning lagi. (Ketika anda merubah warna, ketebalan garis pada objek asal maka objek hasil cloning mengikuti warna objek asalnya). lihat gambar di bawah
    Contoh dan Perbedaan Duplicate dan Clone pada CorelDraw
  3. Copy Properties Form.... : untuk mengcopy properti objek misalnya ketebalan/model garis, warna garis, warna fill, dan text properties. (lihat gambar di bawah)
    Copy Properties Form pada CorelDraw
  4. Step and Repeat : untuk menduplikasi objek hanya saja melalui langkah menentukan posisi terlebih dahulu duplikat objeknya dan hasilnya sama seperti perintah duplicate hanya saja kalau duplicate satu-persatu sedangkan Step and Repeat bisa menduplikasi objek banyak sekaligus.
    Menduplikasi Objek pada CorelDraw
Keterangan gambar Step and Repeat:
  1. Horizontal Settings: untuk mengatur jarak perpindahan secara horizontal terhadap objek, silahkan pilih Spacing between objects untuk menentukan arah perpindahan, atau biarkan offset untuk defaultnya.
  2. Vertical Settings : untuk mengatur jarak perpindahan objek secara vertikal terhadap objek asalnya, silahkan pilih Spacing between objects untuk menentukan arah perpindahan, atau biarkan offset untuk defaultnya.
  3. Number of copies: untuk menentukan banyaknya duplikasi yang ingin dibuat.
  4. Klik Apply untuk melihat hasilnya.
Gimana? Lebih praktis dan cepat bukan dibanding copy dan paste? tapi ingat fasilitas tersebut hanya objek-objek yang ada di corelDraw saja. Demikian tutorial dasar Copy, Paste, Duplicate dan Clone pada CorelDraw. #KeepCreative #GRAFISin
Tags: , ,

Written by

Programmer yang suka ngulik coding, dan tertarik juga dengan hal-hal kratifitas, desain grafis. Semoga Blog Ini bermanfaat untuk Anda!, Terima Kasih.

1 komentar:

 

Popular Posts

Recent Post

Follow by Email

Kenapa Pilih Macro?

Copyright © GRAFISin | Tutorial Desain Grafis dan Download Gratisan | Designed by Templateism.com