AD (728x60)

shorten links and earn money

Contact Me

My Services

Jumat, 26 September 2014

Tutorial Dasar CorelDraw Menggabung dan Memotong Objek

Share & Comment
Di CorelDraw ada fasilitas berupa Weld, Trim Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front, dan Create new Object.... untuk apakah fungsi tersebut? jawabannya adalah fungsi tersebut digunakan untuk menggabungkan, memotong dan membuat objek dari kombinasi objek-objek yang terseleksi. Berikut ini tutorialnya:

  1. Buatlah objek kotak, segitiga dan lingkaran kemudian warnai fill objek tersebut.
  2. Seleksi dua objek atau lebih sehingga property bar menampilkan pilihan menu seperti berikut :

    Tool Weld, Trim, Intersect untuk Memotong dan Menggabung Objek pada CorelDraw
  3. Setelah di seleksi objek pada langkah dua silahkan pilih pada icon gambar ( lihat yang ditandai angka 1- 8 ). Dan berikut ini hasilnya :
    Contoh Combine, Weld, Trim, Intersect, Simplify pada CorelDraw

Penjelasan :

  1. Combine : untuk menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek utuh dan melubangi  tengahnya sesuai perpotongan objek-objek tersebut. Warna objek baru mengikuti warna objek yang terakhir di pilih dan objek asal hilang.
  2. Weld : untuk menggabungkan objek menjadi satu objek yang utuh mirip  ombine tetapi tanpa ada lubang ditengahnya, atau fill penuh dan objek asal hilang.
  3. Trim : untuk memotong dua objek, tidak bisa lebih dari dua. dan Objek pertama yang dipilih akan memotong objek kedua yang dipilih. objek pertama tetap ada dan objek kedua berubah.
  4. Intersect : untuk membuat obek baru dari perpaduan dua buah objek seperti himpunan yang masuk ke objek pertama juga masuk ke objek ke dua dan objek baru tersebut biasanya ada di posisi tengah. Objek pertama dan kedua masih ada dan menghasilkan objek baru.
  5. Simplify : untuk memotong antar objek yang saling tumpang tindih, mirip dengan trim hanya saja simplify bisa melakukannya untuk lebih dari dua objek.
  6. Front Minus Back : artinya bagian depan dikurangi bagian belakang, sederhananya memotong bagian depan oleh objek yang ada di belakangnya dan objek pemotong akan hilang.
  7. Back Minus Front : untuk memotong bagian belakang oleh bagian depan dan objek pemotong akan hilang.
  8. New Object ........ : untuk membuat objek baru berupa outline dari objek yang terseleksi dan objek baru tersebut bisa diwarnai juga seperti efek weld hanya saja objek asalnya masih ada.
Demikianlah tutorial memotong, menggabung objek pada CorelDraw. Untuk latihan silahkan anda coba membuat label yang ada pada gambar di bawah ini dan gunakan fitur di atas:

Membuat Label Secangkir Kopi dengan Efek Lubang pada CorelDraw

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. #KeepCreative #GRAFISin
Tags: , , , ,

Written by

Programmer yang suka ngulik coding, dan tertarik juga dengan hal-hal kratifitas, desain grafis. Semoga Blog Ini bermanfaat untuk Anda!, Terima Kasih.

3 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung!
Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini :)

*Untuk Artikel yang lebih dari 20 hari, komentar akan masuk inbox kami dan akan segera di terbitkan dalam tempo maksimal 3-5 hari.

 

Popular Posts

Recent Post

Follow by Email

Kenapa Pilih Macro?

Copyright © GRAFISin | Tutorial Desain Grafis dan Download Gratisan | Designed by Templateism.com