Membuat Background Lembar Kerja atau Halaman CorelDraw

www.GRAFISin.com | Saat anda membuat lembar kerja baru pada aplikasi CorelDraw maka akan ditampilkan page/halaman berwarna putih seperti gambar di bawah :
Lembar Kerja CorelDraw X7

Untuk membuat background pada lembar kerja atau halaman tersebut anda bisa membuat kotak atau persegi sesuai dengan ukuran kertas/lembar kerja yang anda buat. Berikut ini tutorial dasar membuat background pada lembar kerja CorelDraw :
Membuat Background Lembar Kerja

Langkahnya :

  1. Klik Rectangle Tool (F5 di keyboard) pada Toolbox
  2. Arahkan ke sudut awal/pojok kiri atas kemudian Drag & Drop (tahan dan lepas pada titik akhir/pojok kanan bawah)
Kelemahan cara seperti ini biasanya ukurannya ada selisih dan kurang presisi, nah untuk mengatasinya biasanya dengan merubah ukuran kotak/persegi sesuai dengan ukuran kertas di property bar.

Mengatur Ukuran Bacgkround

Langkahnya:
  1. Klik pada area luar lembar kerja ( jangan ada objek yang terseleksi) untuk mengetahui ukuran kertas (lihat gambar  di atas yang ditandai kotak pada toolbar bawah) di sini ukuran kertasnya dengan panjang 29,7 cm lebar 21,0 cm.
  2. Kemudian klik pada kotak/persegi yang anda buat dan kemudian atur ukurannya sesuai dengan ukuran kertas pada langkah 1.
  3. Klik pada kotak/persegi kemudian tekan ( P ) di keyboard untuk memposisikan background pas dengan halaman.
Setelah membuat persegi pada lembar kerja selanjutnya anda warnai backgroundnya sesuai yang anda inginkan. Tutorial mewarnainya ada di sini 

Berikut ini contoh hasil membuat bacgkrund pada lembar kerja, bisa dipadukan dengan objek-objek lain klik pada gambar untuk melihat tutorial lanjutannya :
Kumpulan Koleksi Tutorial membuat Background di CorelDraw X7


Ada langkah cepat sebenarnya untuk membuat bacgkround pada lembar kerja yaitu: 
Tips dan Trik : Buat lembar kerja baru kemudian  DOUBLE KLIK pada Rectangle Tool dan warnai objek. :) #Selesai

 Demikian tutorial dasar membuat background pada lembar kerja atau halaman CorelDraw, selamat mencoba dan #KeepCreative #GRAFISin

Posting Komentar

1 Komentar